"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...? ...Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! ...Klik disini-1 dan disini-2"

Aplikasi WWF Cegah Cetak Dokumen PDF



WWF melakukan gebrakan dalam upaya menyelamatkan lingkungan. Kali ini, perangkat lunak di PC jadi alat bantuan.

Sebagai organisasi pemerhati kelestarian flora dan fauna, WWF memiliki sejumlah cara dalam melaksanakan misinya. Salah satu fokus yang ingin dicapai saat ini yaitu penyelamatan hutan. Pohon-pohon di banyak hutan di seluruh dunia sering menjadi korban penebangan semena-mena demi dijadikan bahan pembuatan kertas.

Hal ini dipicu oleh tingginya permintaan akan kertas, misalnya untuk kebutuhan pencetakan dokumen. Padahal, tidak semua dokumen perlu dicetak. Lalu, muncul format PDF sebagai alternatif dokumen DOC biasa. Sejatinya, dokumen PDF ditujukan untuk berkas-berkas yang cukup dibaca dalam bentuk softcopy. Toh, tidak sedikit orang yang keukeuh mencetak dokumen-dokumen PDF tersebut.

Oleh karena itu, WWF mengambil langkah menarik supaya mencegah orang mencetak dokumen PDF. Caranya melalui pengembangan aplikasi gratis yang berfungsi mengubah dokumen DOC/PDF ke dalam format berekstensi, ya, WWF. Mudah diingat, bukan? Aplikasinya bisa diunduh disini .

Pada hakikatnya, setiap dokumen berformat WWF berkarakteristik serupa dengan berkas PDF biasa sehingga bisa dibuka di aplikasi pembaca PDF yang umum digunakan. Bedanya, berkas WWF akan memblokir akses menuju perintah Print. Walhasil, pengguna tidak diperkenankan mencetak dokumen tersebut.

Melalui aplikasi ini, WWF berharap mampu mengurangi kapasitas pencetakan dokumen yang secara tidak langsung membantu pelestarian hutan. Itulah alasan mereka menamai kampanyenya “Save as WWF, Save a Tree”.

Sayangnya, sampai hari ini, aplikasi baru tersedia untuk Mac OS X 10.4 ke atas. Versi Windows dijanjikan menyusul segera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar